Pentingnya Manajemen Waktu

TimeManagementSetiap orang punya 24 jam sehari.

7 hari dalam seminggu.

30 hari dalam sebulan.

12 bulan dalam setahun.

SAMA, enggak ada yang dapat bonus waktu, bahkan 1 detik sekalipun.

Tapi, koq ada ya yang BISA kerjakan berbagai pekerjaan (tanggung jawab) sekaligus dalam suatu waktu. Dan semuanya itu tanggung jawabnya besar.

Tapi sebaliknya, ada juga yang mengerjakan hanya sedikit pekerjaan, tapi merasa KURANG waktunya.

Sering ya, status yang kita buat berkata begini, “Aduuuh, ini pekerjaan koq ga selesai-selesai sih, udah dateline!” atau “Ya ampun, capeknya aku. Pulang kerja mau istirahat, sampai rumah setrikaan numpuk” atau yang ibu rumah tangga bilang begini “Kerjaan rumah tangga itu enggak sepele, biar cuma urus anak 3 aja, capeknya minta ampun.”

Status mana yang mirip dengan keadaanmu, temans.. Hehe..

Saya? Yang ketiga itu kadang saya rasakan😀

Ternyata, kuncinya agar 24 jam itu cukup bagi kita untuk mengerjakan setumpuk pekerjaan adalah ‘TIME MANAGAMENT’, pengaturan waktku.

Pembagian waktu itu perlu. Bikin TO DO LIST itu perlu.

“Ah, urusan rumah tangga aja koq pake to do list, kayak orang kantoran aja.”

Hehe…

Saya, mulai praktikkan hal ini, yaitu bikin to do list sederhana sebulan lalu.

5.00 – 07.00 Waktunya siapin anak sekolah dan suami kerja

07.00 – 09.00 Beberes

09.00 – 10.00 BISNIS

10.00 – 12.00 Jemput anak sekolah

12.00 – 13.30 Urus anak2 lagi

13.30 – 14.30 Istirahat, BISNIS

dan seterusnya…

Tau kan ya, saya ini selain ibu rumah tangga, juga jalankan BISNIS rumahan. Bisnis yang memang dikerjakan sambilan, tapi WAJIB dikerjakan setiap hari. Karena saya juga punya TUGAS di bisnis saya.

Sebelumnya, saya sempat keteteran tuh. Lagi nyuapin makan anak, inget tugas bisnis yang belum dikerjain. Selesai nyuapin anak, saya sentuh bisnis, nanti tahu-tahu udah waktunya anak-anak tidur. Terpaksa saya tinggal. Jadi kerjaan saya di rumah itu tidak terpola, sesuka-suka saya. Akibatnyaaaa… capek sodara-sodara. Tenan iki!

Hehe.. Untung sekarang saya sudah sadar pentingnya punya to do list. Jadi kalau memang waktunya jadi ibu, saya full badan dan hati disitu. Kalau lagi ngerjain bisnis, badan dan hari saya juga disitu. Pikiran enggak terpecah-pecah. Hidup lebih santai dan menyenangkan.

Seperti sekarang nih, saya menulis ini sebelum jemput anak sekolah. Dan.. Karena ini sudah waktunya, maka tulisan saya ini selesai. DONE!

Kembali jadi ibu bagi anak-anak saya..

Tagged: ,

Leave a Reply

