Mengapa Takut Gagal?

One who fears failure limits his activities.
Failure is only the opportunity to more intelligently begin again.
Henry Ford

Orang-orang yang takut gagal tidak pernah dapat mengalami nikmatnya kesuksesan.

Tung Desem Waringin

*****

Sering sekali ketika saya memprospek seseorang, alasan yang dikemukakannya adalah: takut gagal.

“Mbak, teman saya enggak banyak. Saya jarang keluar rumah. Saya takut nanti gagal”.

“Hmm, aduuhh.. Gimana ya mbak. Teman-teman saya tuh udah banyak yang pernah join, tapi enggak ada hasilnya. Saya takut nanti juga seperti mereka”.

“Jualan? Saya enggak bisa jualan mbak. Nanti gimana dong, kalau enggak satu pun orang yang mau beli. Apalagi teman-teman saya enggak suka produk begini”.

Dan…banyak lagi pernyataan serupa yang intinya adalah: takut gagal.

*****

Melakukan sebuah pekerjaan apapun itu, hanya ada dua kemungkinan di akhirnya, SUKSES atau GAGAL. Ingat saat-saat ujian sekolah dulu? Apa yang ada di pikiran kita saat itu?

Takut nilainya jelek.

Takut tidak lulus.

Kenapa punya pikiran seperti itu?

Tidak percaya diri.

Tidak siap/tidak menguasai materi ujian.

Lalu setelah melaksanakan ujian dan memperoleh hasilnya? Ternyata hal-hal yang tadinya menghantui kita tersebut, saya yakin, tidak sepenuhnya terjadi. Iya kan?

*****

Success is the sum of small efforts, repeated day in and day out.
Robert Collier

Gagal atau sukses itu tidak bisa kita tentukan di depan. Semua harus melalui proses yang kita jalankan hari demi hari. Setiap orang sukses pasti melalui hari pertamanya menjalankan sebuah bisnis. Setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan, dan itu tidak hanya satu kali, bahkan saat mereka sudah sukses pun masih ada kegagalan di jalan mereka.

So, bilang gagal sebelum menjalani sesuatu? No Way!

Tagged: , ,

Leave a Reply

