Rambut Bercabang? Duh, Gimana Nih?

Punya rambut bercabang? Yuk segera dirawat agar tidak semakin parah dan membuat kamu enggak pede.

Berikut adalah kultwitnya @dare2be_id tentang rambut bercabang dan solusinya. Saya sharing disini. Simak yaa..

#1 Firstly, kamu harus tau bahwa sekalinya ujung rambutmu bercabang, gak ada hal yang bisa “menyatukannya”; in other words, it can’t be healed.

#2 Rambut menjadi bercabang saat lapisan kutikula di ujung rambut telah rusak, menyebabkan helaian rambut menjadi rapuh & mudah terbelah dua. #dare2be

#3 Penyebab utama rambut bercabang ada bermacam-macam, such as : terpaan sinar matahari yang berlebihan ; kurangnya kelembaban & gizi pada rambut…

…terlalu sering/cara menyisir yang salah & kasar ; terlalu sering menggunakan hairdryer & catokan rambut ; too much hairspray/gel rambut. #4

#5 So, satu2nya SOLUSI untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan menggunting/trimming ujung2 rambut yang bercabang tersebut. There’s no other way🙂

#6 Hair trimming harus dilakukan secara rutin untuk mencegah rambut kembali bercabang. Do it every 4-6 weeks, 1.5 inchi di atas bagian yang bercabang.

#7 Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah (hair trimming). Caranya : ambil sebagian kecil rambut, lalu pelintir dengan seksama. Rambut yang…

…bercabang pun akan mencuat dengan sendirinya, mempermudahmu untuk mengguntingnya. Cut it off carefully. #8 #dare2be

#9 Untuk mencegah rambut bercabang, cuma ada 1 peraturan dasar: keep your hair hydrated! Jagalah kelembaban rambutmu, don’t let it be damaged.

#10 Hence, yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut bercabang antara lain : rajin menggunakan conditioner & do a deep conditioning every week.

#11 Don’t use shampoo too often (our advice : 2 hari sekali, unless rambutmu sangat berminyak). Pilihlah shampoo yang lembut & ber-pH rendah.

#12 Sebisa mungkin hindari penggunaan cat rambut, hairspray, hair gel, dan produk2 kimia lainnya, karena ini bisa strip off your hair cuticle.

#13 Saat menggunakan shampoo, pastikan kamu mengaplikasikannya secara merata agar semua bagian rambut mendapatkan nutrisi yang cukup.

#14 Hindari penggunaan hairdryer, catokan, atau hot rollers terlalu sering. Panas yang dikeluarkan alat2 ini bisa mengikis kelembaban rambutmu.

#15 Ingat untuk selalu menyisir rambut saat rambut dalam keadaan kering. Why? Karena rambut yang masih basah lebih rapuh & mudah rontok/rusak kalau disisir.

#16 Kalau rambutmu kusut, sisirlah dengan hati2 ujung2nya dengan sisir bergerigi jarang. Ingat, jangan menyisir dengan terlalu kasar,it’s very destructive.

#17 Lindungi rambutmu dari cuaca ekstrim. Selalu sediakan topi or a decent scarf di tas, jadi saat matahari sedang terik, you can cover your hair up!

#18 Selalu bilas rambutmu dengan air dingin saat keramas. Ini akan membantu menutup/mengunci kembali kutikula rambut, mencegahnya dari bercabang.

#19 Rambut bercabang juga disebut sbg “Trichoptilosis”, berasal dari bahasa Yunani “tricho” (rambut) dan “ptilosis” (bulu mata yg rontok).

Sumber: @dare2be_id

Follow @shintatiwi | RumahCantiqku2012

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: