Agar Wangi Parfum Bertahan Lama

Siapa sih yang gak suka wangi? Anak cilik, wong tuwo, pakde, mbokde, sedoyo suka wangi tho? Lha iyalaaah.. Semua pasti kurang pede kalau belum wangi.

Ada orang yang suka wangi parfum yang keras (dari jarak 3 meter aja udah kecium), ada juga yang suka wangi yang soft (kecium pas kita udah deket, itupun cuma serr serr aja). Ada yang maunya parfum dengan wangi tahan berjam-jam, ada juga yang biasa aja, kalo udah enggak wangi ya tinggal semprot lagi.

Parfum itu benda yang ajaib. Wanginya sama, tapi kalau disemprot ke orang yang berbeda wanginya jadi beda. Makanya, wangi buat satu orang belum tentu cocok buat yang lain. Ya udah, kalo gitu kita bahas yuk kenapa si parfum itu ajaib banget.

Parfum itu pada dasarnya merupakan campuran (konsentrasi) minyak dan air. Konsentrasi ini mempengaruhi ketahanan aromanya. Setiap campuran dengan proporsi yang lebih rendah dari minyak untuk alkohol adalah air (eau).Nah yang wanginya bisa tahan antara 6 – 8 jam, namanya PERFUME, mengandung 15-30% kadar minyak. Cocok nih bagi yang suka wangi yang tahan lama. Harganya juga biasanya paling mahal dibanding jenis lainnya.

Kalau Eau de Perfume (EDP), ini mengandung 12 – 18% kadar minyak, wanginya bisa tahan antara 4-6 jam.

Selanjutnya Eau de Toilette (EDT), mengandung 5-7% kadar minyak, wanginya bisa tahan antara 2-4 jam. Buat dipakai sehari-hari ini bisa jadi pilihan.

Buat remaja bagusnya pakai Eau de Cologne aja. Ringan karena hanya mengandung 3-5% kadar minyak, wanginya bisa tahan antara 2-3 jam. Terakhir COLOGNE, hanya mengandung 1-3% kadar minyak, wanginya cepat sekali hilang.

*****

Selain karena jenisnya, yang menyebabkan wangi parfum itu berbeda antara orang yang satu dengan yang lain adalah karena hormon. Setiap orang mempunyai kelenjar yang mengeluarkan hormon tertentu, dan mempengaruhi bagaimana aromanya bereaksi pada kulit. Apapun yang mempengaruhi aroma alami kulit kita, seperti stres, perubahan hormon, makanan, atau obat-obatan, bisa mengubah bagaimana aroma parfum tersebut.

Agar wangi parfum lebih tahan lama, ada caranya. Pertama, pakai produk seperti sabun, deodorant, body lotion/body cream dengan wangi yang sama. Hal ini akan mempertajam wangi parfum yang kita pakai. Kedua, cara penyemprotannya. Yang benar, cukup disemprotkan sedikit aja pada daerah kulit yang hangat (pusat nadi), seperti belakang telinga, leher, pergelangan tangan, dan lipatan kaki.

Jangan menyemprotkan parfum pada pakaian. Karena selain boros (tidak bisa semprot sedikit biasanya), pakaian juga bisa rusak terkena noda parfum.

Okey. Siap untuk menjadi wangi sepanjang hari? Selamat mencoba🙂

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: