Kerutan Wajah dan Faktor Penyebabnya

Pernah mengamati  tanah di musim kemarau? Karena lama tak disirami hujan, maka tanah menjadi kering, kurang kelembabannya, lama kelamaan akan timbul retakan-retakan kecil. Kulit kita pun begitu. Bertambahnya usia menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya, menipis dan cenderung kering. Kulit yang kering itulah yang akhirnya menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah.

Umumnya, kerutan timbul saat usia mulai menginjak tahun ke 35. Namun tidak selamanya begitu, kadang ada yang masih berusia 20an tapi sudah muncul kerutan di wajahnya, sebaliknya ada yang sudah berusia 40an tapi wajahnya masih terlihat kencang.

Perlu diketahui nih, ternyata ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan kerutan di wajah kita selain faktor usia tadi. Simak yaa…

Rokok. Selain karena asapnya, nikotin dari rokok juga menyebabkan aliran darah ke kulit menjadi berkurang, yang pada akhirnya regenerasi kulit akan terganggu, kulitpun menjadi kering dan timbul keriput. Hal ini berlaku baik untuk perokok aktif maupun pasif.

Alkohol. Mengonsumsi alkohol menyebabkan jaringan kulit rusak dan menimbulkan keriput. Dalam jangka pendek, alkohol dapat menimbulkan jerawat, ruam pada kulit, bintik merah pada kulit, dan dalam jangka panjang, alkohol menyebabkan dehidrasi dan mereduksi asupan vitamin ke dalam tubuh.

Faktor genetik atau keturunan. Karena udah dari ‘sononya’, maka hal ini tentunya tak dapat  dihindari ya. Yang dapat dilakukan adalah dengan memakai pelembab secara rutin.

Sinar ultraviolet. Paparan sinar UV secara terus menerus pada kulit, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hindari sinar UV secara langsung, dengan cara memakai sunscreen atau pelembab yang mengandung SPF.

Kurang tidur. Saat jam tidur kurang, tubuh memproduksi cortisol dalam jumlah berlebih. Cortisol merupakan hormon yang merusak sel-sel kulit. Tidur yang cukup membuat tubuh kita memproduksi HGH (Human Growth Hormone) yang membantu mempertebal sel-sel kulit, mencegah timbulnya keriput, dan kulit pun jadi lebih elastis.

Stress. Ketika stress, daya tahan tubuh menjadi berkurang dan membuat penuaan sel kulit menjadi lebih cepat.

Intinya, hidup sehat itu membuat kita terhindar dari penuaan dini. Betul apa betul? Yukk…biasakan hidup sehat mulai sekarang.

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: