Memilih Foundation yang Tepat dan Cara Pemakaiannya

Foundation adalah salah satu perlengkapan dasar make-up. Fungsi foundation adalah untuk menyamarkan atau menutupi bagian wajah yang kurang sempurna, seperti bekas jerawat, kulit yang kurang halus, atau warna kulit yang tidak rata/sama. Pengaplikasian foundation yang kurang tepat dapat menyebabkan tampilan kita bukannya bertambah cantik, tapi semakin kacau bahkan kadang terlihat seperti memakai topeng.

Step 1 – Kenali Jenis Kulitmu

Langkah pertama dalam memilih foundation adalah dengan mengenali jenis kulit kita: kering, normal, kombiinasi, atau berminyak karena ini menentukan jenis foundation apa yang cocok. Berikut ini adalah jenis foundation dan penggunaannya:

Oil-based foundation. Foundation ini tepat digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Sebelum menggunakan, kocok terlebih dahulu agar semua formulanya larut dengan sempurna.

Matte foundation. Foundation ini sangat cocok untuk kulit berminyak karena tidak mengandung minyak dan mengontrol kilap di wajah. Namun ingat, matte foundation juga cepat kering. Oleh karena itu jangan pernah mengaplikasikan foundation jenis ini terlalu tebal.

Liquid foundation. Liquid foundation terdiri atas dua jenis: berbahan dasar air, dan berbahan dasar minyak. Foundation berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak dan sensitif. Sementara yang berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering atau yang mengalami dehidrasi.

Stick. Foundation ini cocok untuk kulit kering dan normal. Selain awet di wajah, alas bedak stick dapat juga digunakan sebagai penutup noda hitam pada wajah dan flek bekas jerawat.

Step 2 – Memilih Warna Foundation

Selanjutnya memilih warna foundation. Memilih warna foundation yang tepat untuk warna kulit Anda sangat penting.

  • Pilih beberapa warnaBersihkan wajah dan biarkan wajah Anda tanpa make up, kemudian pilih sepasang warna foundation yang senada dengan warna kulit Anda. Beberapa make up artist percaya bahwa warna kuning untuk foundation akan membuat semua jenis warna kulit menjadi tampak lebih lembut dan natural, namun apabila Anda menginginkan make up yang lebih mencolok Anda dapat memilih warna foundation yang lebih cerah.
  • Test pada kulitCobalah sedikit di sekitar rahang Anda, jangan di sekitar tangan maupun pergelangan tangan, ini berlawanan dengan anggapan banyak orang. Dengan mencobanya anda dapat memastikan secara langsung warna dasar yang cocok dengan wajah dan leher Anda, hal itu akan menghindari kesan make up yang seperti topeng nantinya.
  • Cermati dengan seksamaApabila memungkinkan cobalah berdiri dekat pintu atau sisi ruangan yang memiliki pencahayaan natural. Hal ini berguna untuk melihat apakah warna foundation telah menyatu dengan kulit dengan sempurna.

Step 3 – Cara Mengaplikasikan Foundation

Foundation Cair. Ada dua cara mengaplikasikan foundation jenis ini, dengan kuas atau dengan jari. Jika anda menggunakan kuas, sebelumnya taruh sedikit foundation di punggung tangan, lalu dengan kuas sapukan ke wajah dengan arah ke bawah. Jika anda menggunakan jari tangan, maka bubuhkan foundation kira-kira seukuran kacang tanah di kening, kedua pipi, hidung, dan dagu anda. Ingat jangan terlalu banyak. Jika sudah, ratakan foundation mulai dari bagian dalam wajah keluar. Jangan terbalik. Hindari alis anda, tapi jangan lupakan kelopak mata, dan bagian bawah hidung. Perhatikan baik-baik di sekitar garis rambut anda, jangan sampai tidak rata.

Foundation padat. Aplikasikan dengan menggunakan sponge yang sudah dibasahi sedikit air terlebih dahulu. Gunakan di seluruh wajah dan leher, atau pada area tertentu yang diinginkan. Gunakan spons mulai dari tengah terus hingga ke pinggir. Tips: cuci secara berkala sponge dengan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut, untuk menghindari timbulnya bakteri pada sponge.

Foundation Stick. Foundation jenis ini sangat mudah diaplikasikan. Tinggal oleskan saja secara merata ke seluruh bagian wajah, selesai. Very simple๐Ÿ™‚

*******

Sumber: http://female.kompas.com; http://oketips.com; http://www.kecantikanku.com; http://makeupartistindonesia.net

4 thoughts on “Memilih Foundation yang Tepat dan Cara Pemakaiannya

  1. Key 5 November 2011 at 15:48 Reply

    pas banget info ny bwt q yg lg bljar make up.. makasih mbaak =)

    • Shinta Pertiwi Purwananda 7 November 2011 at 03:52 Reply

      sama-sama yaa.. terima kasih udah mampir, senang bisa bagi-bagi ilmu..๐Ÿ™‚

  2. Elmira Hafni 7 November 2011 at 07:25 Reply

    bunda kok tau semua ya…buka salon yaaa… sekalian tips untuk bibir yang gelap alias coklat…syusah banget nyari lipstiknya, hikz

    • Shinta Pertiwi Purwananda 9 November 2011 at 05:14 Reply

      hehe… itu kan berkat rajin cari tahu Mira, buat diri sendiri, terus dibagi-bagi deh ilmunya… Buat bibir gelap yaa… oke, insya Allah, tulisan berikutnya ada yaa..๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: