Jadi Kutu Loncat di Bisnis MLM?

Tau kan istilah kutu loncat? Yup.. biasanya istilah ini dipakai untuk orang-orang yang berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Alasannya bisa macam-macam: jenjang karir, gaji, suasana kerja, de es be…

Nah, ternyata di bisnis MLM juga dikenal lho istilah ini. Hmm… positif atau negatif? Hayuk kita bahas…

Sebenarnya, ada 2 jenis kutu loncat di bisnis MLM :
Kutu Loncat Ekspansif, yaitu kutu loncat yang mencoba mendapatkan income lebih dengan cara menjalankan lebih dari satu bisnis MLM. Cara berpikir kutu loncat tipe ini adalah “Jika saya bisa mendapatkan Rp 500 ribu dari satu perusahaan, maka saya akan bisa mendapatkan Rp 5 juta dengan menjalankan 10 bisnis MLM.”

Sebenarnya sah-sah saja menjalankan beberapa bisnis MLM sekaligus. Hanya saja, dengan begitu berarti kita tidak fokus ke manapun. Semuanya dijalankan berbarengan. Hasilnya.. tentu tidak akan maksimal.  Dan ingat, di bisnis MLM biasanya berlaku hukum menyontek. Jika kita melakukan hal seperti itu, maka biasanya para downline kita juga akan melakukan hal yang sama.

Yang kedua adalah Kutu Loncat Nomaden, yaitu kutu loncat yang bersifat nomaden. Seorang kutu loncat nomaden akan berpindah-pindah dari satu perusahaan MLM yang satu ke perusahaan MLM lain dalam waktu singkat. Setiap kali ada teman yang mengajak untuk mengikuti presentasi bisnis network-marketing yang baru, dia tidak bisa menahan diri untuk menolak dan akan mendaftarkan diri menjadi anggota.

Nah kutu loncat model begini dijamin nggak bakalan sukses di bisnis MLM manapun. Tiga bulan ikut MLM-A udah berhasil membentuk jaringan, lalu tergoda untuk ikut MLM-B berarti harus mulai dari awal lagi… Wah, cape deh..

Sebenarnya hampir seluruh bisnis MLM akan menawarkan produk dan sistem bonus yang menggiurkan. Tinggal kita sebagai pebisnis MLM yang harus jeli memilih perusahaan mana yang akan kita pilih. Jangan sampai kita sudah mengeluarkan uang investasi untuk bergabung, lalu sudah berhasil mencapai level tertentu dengan bonus yang tidak sedikit, tiba-tiba…. blurp… perusahaan yang bersangkutan pailit. Hiii… ga mau seperti itu kan?

Ssssttt…. makanya pilih Oriflame seperti saya🙂

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: