Loyalitas Wanita Terhadap Kosmetika Tinggi

Siapa yang pe-de keluar rumah (baca: bepergian) tanpa menggunakan make-up (minimal bedak dan lipstik), tidak memakai wewangian atau deodoran? Hmm… rasanya hampir tidak ada ya…

Yup, hal inilah yang menyebabkan kosmetika tak lagi hanya sekedar menjadi kebutuhan gaya hidup, tetapi telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat modern. Orang tak lagi merasa bersih, kalau mandi tanpa menggunakan sabun dan keramas memakai shampo. Demikian juga orang tak lagi akan percaya diri, jika keluar rumah dan bergaul dengan teman-temannya tanpa menggunakan make-up, parfum atau deodorant.

~~ooOoo~~

Berdasarkan hasil survei MARS Indonesia di 8 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Balikpapan, dan Palembang, tentang Pola Belanja Produk Kosmetika diketahui bahwa mayoritas konsumen (51,5%) selalu membeli produk kosmetika (seperti bedak wajah, lipstik, hand&body lotion) begitu persediaan (stok) habis terpakai. Lalu terdapat sekitar 22,4% yang selalu melakukan pembelian secara rutin meskipun persediaan masih ada. Sementara yang membeli ketika diperlukan saja hanya sekitar 26,1%.

Jika dilihat dari sisi psikografi, maka konsumen produk kosmetika mayoritas bertipe shopping lover yaitu mereka yang selalu meluangkan waktu untuk berbelanja ke toko, minimarket, maupun mall setiapkali ada kesempatan. Sebaliknya, hanya sebagian kecil saja yang masuk kategori just buyer, yaitu mereka yang membeli produk kosmetika sesuai kebutuhan saja alias jarang berbelanja.

Konsumen tipe shopping lover itu sebagian besar berasal dari kelompok usia muda (18-25 tahun) sebanyak 52,2% dan kelompok usia menengah (26-34 tahun) sebanyak 51,5% dengan status sosial-ekonomi kelas B, yaitu yang tingkat pengeluaran belanja bulanannya di bawah nilai Rp 2.500.000 hingga Rp 1.125.000.

Lalu seberapa jauh tingkat loyalitas konsumen produk kosmetik, baik bedak wajah, lipstik, maupun hand&body lotion? Urutan pertama diraih konsumen bedak wajah, dengan proporsi 76,4% loyal dan 7,5% tidak loyal. Disusul kemudian konsumen lipstik dengan porsi 72,6% loyal dan 9,8% tidak loyal, serta konsumen hand&body lotion sebanyak 66,2% loyal dan 11,3% tidak loyal.

sumber: http://dzumar.wordpress.com

tabel-kosmetik

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: